Rabu, 22 Februari 2012

Persamaan Cara Kerja Bisnisku Dengan Affiliate Dari Kacamata Awam


Sudah kenal atau pernah dengar seorang milyuner Anne Ahira ? Ya... Anne Ahira dikenal karena di usia muda menjadi seorang milyuner melalui bisnis online dan saat ini juga membuat sekolah online yang muridnya sudah diangka ratusan ribuan yaitu AsianBrain.

Bagi teman-teman yang suka sekali belajar ilmu online pasti sudah mengenal salah satu cara kerja dan mendapatkan penghasilan dari bisnis online, salah satunya adalah Affiliate.

Sudah kenal atau pernah dengar seorang milyuner Anne Ahira ? Ya... Anne Ahira dikenal karena di usia muda menjadi seorang milyuner melalui bisnis online dan saat ini juga membuat sekolah online yang muridnya sudah diangka ratusan ribuan yaitu AsianBrain.

Bagi teman-teman yang suka sekali belajar ilmu online pasti sudah mengenal salah satu cara kerja dan mendapatkan penghasilan dari bisnis online, salah satunya adalah Affiliate.



Apa sih Affiliate ?
Berdasarkan pengertian dari wikipedia :
"Affiliate marketing is a marketing practice in which a business rewards one or more affiliates for each visitor or customer brought about by the affiliate's own marketing efforts. The industry has four core players: the merchant (also known as 'retailer' or 'brand'), the network (that contains offers for the affiliate to choose from and also takes care of the payments), the publisher (also known as 'the affiliate'), and the customer."

Atau terjemahannya gini ya :
"Afiliasi pemasaran adalah praktek pemasaran di mana bisnis imbalan satu atau lebih afiliasi untuk setiap pengunjung atau pelanggan yang dibawa oleh si pelaku affiliate ini. Industri ini memiliki empat pemain inti: pedagang (juga dikenal sebagai 'pengecer' atau 'merek'), jaringan (yang berisi penawaran untuk afiliasi untuk memilih dan juga menangani pembayaran), penerbit (juga dikenal sebagai 'afiliasi '), dan pelanggan."

Kalau bahasa awamnya sih sama kayak makelar lah ya... kita mendapatkan imbalan melalui cara kerja mereferensikan suatu produk ke seorang konsumen. Yang membayar adalah si perusahaan yang mengeluarkan produk.

Jenis affiliate di dunia bisnis online ada berbagai macam, yang paling dikenal banyak adalah bisnis domain atau web hosting, bisnis ebook yaitu buku online apa saja, ada lagi affiliate toko atau ada juga berupa affiliate iklan.

Dan cara kerja affiliate ini hampir semuanya sama, dimana kita sebelum bisa menjadi pelaku pemasaran kita diwajibkan membeli sebuah produk yang di keluarkan oleh perusahaan yang memiliki bisnis affiliate tersebut.
"Misal nih, saya membeli sebuah domain serta hosting di sebuah perusahaan, kemudian saya memiliki hak untuk memasarkan domain juga hosting di perusahaan tersebut melalui website ataupun iklan yang saya buat, apabila ada seseorang yang membeli fasilitas domain atau hosting dari perusahaan tersebut karena referensi dari link yang kita berikan, perusahaan akan membayar kita sesuai dengan bagian kita."

Detilnya begini nih, yang saya kutip dari blognya mas nyoto di http://nyoto.com/30-bagaimana-cara-kerja-affiliate-marketing.html
"Saat menawarkan produk/milik affiliate merchant maka para 'affiliate marketer' akan melakukan penjualan melalui jalur/link khusus yang disebut 'affiliate link'. Affiliate link ini diberikan oleh Affililiate Merchant kepada affiliate marketer dimana didalamnya berisi kode-kode (misalnya nomor member dari affiliate member) untuk membedakan affiliate member yang satu dengan affiliate member yang lain"

Contoh :

http://member.jogjahost.com/aff.php?aff=688

Dalam contoh diatas Affiliate Merchant adalah www.jogjahost.com, sedangkan 688 adalah kode affiliasi kita. Setiap member affiliate akan mendapatkan kode yang berbeda. Kemudian promosikanlan link diatas di dalam website kita. Misalkan di website tersebut kita bercerita mengenai cara membuat website dan linknya mengarah keatas.

Pada saat salah satu pengunjung website kita membaca dan mengklink link tersebut, yang langsung mengarah ke affiliate merchant, maka sistem yang ada di 'Affiliate Merchant' akan merekam bahwa ada transaksi yang berasal dari kode 688 tersebut. Dan pemilik kode 688 ini akan mendapatkan komisi dari transaksi yang tejadi.

Hubungannya apa sama cara kerja bisnis ini ?

Pernah ada seorang sahabat saya yang kebetulan juga bergabung di bisnis Oriflame melalui d'BC Network yang mungkin belum paham benar cara kerja d'BCN bertanya Oriflame ada bisnis affiliate ?

Saya jawab, selama ini yang kita lakukan adalah affiliate lohhh :) kenapa ??? di d'BCN kan kita dberikan juga link untuk memasarkan bisnis kita yaitu berupa web replika serta 7 buah landing page gratis yang apabila seorang calon member mengunjungi website kita melalui link tersebut dia akan menjadi pelaku bisnis kita juga seperti cara kerja affiliate yang biasa kita lakukan.

Kenapa ? karena dasar awal cara kerja d'BCN ini di ciptakan oleh salah satu foundernya mbak Dini Shanti yang juga awal sebelum bergabung di Oriflame beliau sudah malang melintang di bisnis affiliate ini. Hanya yang berubah produk dan pelaku bisnisnya saja.

Selain itu, sama seperti di bisnis affiliate umumnya, kita tidak akan bisa memasarkan produk tersebut apabila kita sendiri tidak membeli atau juga tidak kontinu melakukan order produk tersebut, sebab biasanya affiliate ini ada batas waktu. Dan tidak bisa kita menjual produk tersebut apabila kita sendiri tidak memakainya.
Seperti saya, apabila saya tidak memperpanjang fasilitas berupa nama domain dan hosting, keanggotaan saya di affiliate tersebut akan hangus sehingga otomatis saya tidak akan bisa memasarkan produk tersebut dan sudah pasti tidak akan mendapatkan penghasilan melalui produk tersebut.

Begitu juga di d'BC Network, fasilitas yang ada dan kita dapatkan secara gratis berupa website, 7 landing page, ebook training, keanggotaan forum tidak akan kita dapatkan apabila kita sendiri tidak melakukan aktifitas di bisnis tersebut, misal kita tidak melakukan tutup point 75 bp atau tidak merekrut satu member yang wp1, fasilitas tersebut otomatis akan tersuspend. Karena mubazir kan fasilitas di berikan ke orang yang tidak ingin menjalankan bisnisnya, sebab fasilitas tersebut memang gratis buat member, namun perbulannya ada yang harus dibayar lohhh... baik biaya sewa hosting, gaji programmer maupun support. Dan yang membayar itu semua adalah leader-leader kita yang di atas, leader pasti keberatan kan apabila fasilitas tersebut dipakai oleh orang yang sama sekali tidak ikut bekerja.

Namun ada sedikit yang membedakan bisnis affiliate umum serta bisnis di Oriflame melalui grup d'BCN. Apa ??? pertama pasti dari segi produk, kalau affiliate biasa umumnya produk yang dipasarkan belum semua lapisan bisa memakai, misal hosting nih.. jarang loh lebih dari satu orang yang makai. Tapi kalau Oriflame yang bisa memakai semua lapisan masyarakat, baik pria maupun wanita, orang tua maupun anak-anak sehingga insya Allah dari segi bisnis kita lebih mudah memasarkannya.

Selain itu dari segi cara kerja, apabila affiliate yang umum kita harus full online dalam menjalankannya. Namun di Oriflame, apabila kita ada masanya tidak ingin online kita bisa memadukannya dengan cara kerja offline dimana kita masih bertemu orang.

Dan terakhir yang paling penting nih... dan juga membuat mbak Dini Shanti akhirnya sangat mencintai bisnis ini adalah di bisnis ini kita apabila ingin mendapatkan penghasilan besar, kita harus membuat orang yang kita ajak bergabung di bisnis ini memiliki penghasilan juga.
Beda dengan affiliate yang mungkin keuntungannya hanya di miliki oleh perorangan. Jadi intinya di sini kita berbisnis sambil beramal memberikan peluang penghasilan buat teman-teman yang mau serius di bisnis ini.

Dan semua di kembalikan ke pribadi kita masing-masing dengan kelengkapan serta kecanggihan fasilitas yang kita miliki akankah kita serius di bisnis ini atau tidak, sebab kereta akan terus melaju ada atau tanpa ada kita sesuai dengan jadwal yang ada.

Salam online,


Liza Hidayat
http://lizaastriani.com <---- affiliateku :-) kamu ????

0 komentar:

Posting Komentar